Kamis, 04 Agustus 2016

Pengalaman Ikut Tes IPC dan KETRAMPILAN SBMPTN

Rasanya ditolak di SNMPTN itu sedih banget , padahal aku udah pernah diingetin sama kakak kelas kalo kita nggak boleh bergantung sama SNMPTN , dan pada saat itu tes SBMPTN tinggal sebulan sementara aku belum menguasai soal-soal SBMPTN. Kebetulan aku dari IPA dan pengen ngambil DKV di Universitas Negeri Malang. Jadi aku harus iut 4 tes nih

1. TES IPA
2. TES TKPA
3. TES IPS
4. TES KETRAMPILAN

Satu bulan itu gue berusaha buat belajar IPS, dan itu enak banget. Sementara gue males sama IPA, aneh banget emang. Selain itu aku juga latihan gambar sedikit-sedikit.

Pas hari H-1 nih, aku udah sampe Malang, tapi aku belum punya KTP dan kartu pelajarku salah tanggal lahir . Soalnya aku baca artikel-artikel itu harus bawa kartu identitas , sedangkan persyaratan SBMPTNnya nggak ada tuh disuruh bawa Kartu identitas.

Aku nekad gak bawa kartu identitas, cuma bawa alat tulis, kartu peserta sama SKL ( surat keterangan lulus ).
Ternyata nggak diperiksa kartu identitasnya, cuma dicocokin muka sama foto kita.

Tes Tulis

Tes tulis SAINTEK merupakan bencana, karena aku belajarnya cuma 1 minggu, ya impossible banget kalo bisa. Nah, untung pernah ikut olimpiade Biologi, jadinya untuk pelajaran ini aku sangat menguasai, fisika bisa dikit-dikit, kimia yang aku kuasain ya cuma materi kelas 2, MTK... zonk. Meskipun begitu tetep aku isi kok meskipun cuma 5 soal.

Tes Tulis TKPA
Fix ini paling enteng banget. Gausah panjang deh hehehe

Tes Tulis SOSHUM
suka banget sama SOSHUM, padahal aku dari IPA, kayaknya dulu salah jurusan deh. Terus soal 3 tahun yang lalu itu bener-bener keluar, gue seneng banget. Banyak banget yang ke isi, dan aku yakin 90% kebenarannya eaak.

Tes Keterampilan

Tes ini lebih horor dari tes SAINTEK, soalnya aku kurang persiapan gitu. di soal, kita diminta gambar kebakaran di pasar Malang, lah gue malah bingung mikirin gimana bentuknya pasar Malang, padahal kan imajinasi bisa, terus ya gue bingung gambar api nya gimana, malah kayak bunga, gak realistis gitu. Drobnya juga gara-gara liat kanan kiri yang gambarannya bagus banget. Hemmmm

Dan gue juga kurang latihan kecepatan gambar deh, pas tes waktu kurang 15 menit aku baru mau nebelin gambaran. Ya kalii, gambaran gue jadi ancur ekspresinya gak dapet. Masih kayak sketch doang.
Keluar ruang gue nahan nangis dah.

Biar kalian nggak ngalamin yang aku alamin, ini sedikit tips buat kalian

Tips Tes Tulis

- niat :D
- do'a
- latihan soal terus, terutama soal tiga tahun yang lalu dari tahun ini. Ext: sekarang 2016 berarti aku melajarin tahun 2013. Tapi juga jangan terlalu yakin, kan bisa aja soal tahun depan nggak sama
- pelajarin setengah dari semua bab. Ext : dari kelas 1-3 ada 10 bab, kamu pelajarin aja 5 bab yang benar-benar kamu kuasain.
- kalo nggak yakin mending kosongin aja, dari pada salah nilainya minus (-)
- minimal isi lima soal yang kamu yakin banget itu bener jawabannya
- jangan sampe ada mata pelajaran yang nggak kamu isi sama sekali
- JANGAN NYONTEK, karena belum tentu yang kamu contek itu soalnya sama dan jawabanya belum tentu benar
- pasrah dan terus-terus berdo'a

Tips Tes Ketrampilan

- niat
- do'a
- banyak-banyak latihan gambar ekspresi muka biar gambaran kita bisa kayak bercerita gitu deh
- latihan kecepatan gambar
- latihan gambar objek-objek tempat indoor maupun outdoor
- jangan bikin gambar yang biasa, kalo misal di resto bikin aja ada konflik didalamnya, kayak ada orang yang berantem di tengah-tengah, atau ada pelayan yang numpahin minuman misalnya. Pokonya biarin itu jadi point of view
- habis baca soal langsung jadiin konsep hal yang penting- penting dalam soal. Terus kita gambar, pokonya apa yang ada dalam soal percis itu yang kita gambar.
- bawa jam
- jangan tengok kanan kiri biar gak ngiri. PD aja sama karya kamu
- jangan jadiin tes ini kayak kompetisi, fokusin niat buat cerita lewat gambar kita.
- o ya sebelum tes jangan lupa bikin mood kita happy ya.
- selesai tinggal pasrah dan berdoa

Dari sekian tips banyak banget yang gak aku lakuin. Jadi hasil tes aku berantakan banget. Pulang dengan hati yang cemas, bukan dengan hati yang yakin kalau aku bakalan lolos.

Biar kalian nggak gagal, belajarnya jangan mepet-mepet ya. Biar nggak kayak eike. Terus jangan tegang-tegang ya, hadapi aja. Semangat.

Akibatnya dari kurang persiapan,aku gak lolos SBMPTN.
Tapi aku belum menyerah, aku masih punya harapan di Institut Seni Indonesia di Jogja.

Next artikel ada pengalamanku di ISI Jogja loh. Baca ya

1 komentar:

  1. Kak saya ingin ikut ipc, sbnrnya saya dari jurusan ipa di sma, terus saya berminat di ips (hi dan akuntansi) dan ipa (kedokteran) dan sekarang 9 bulan sebelum sbmptn, kira2 waktunya cukup nggak kak? Dan gimana cara bagi waktu sama pelajaran sekolah?

    BalasHapus